Petualangan saya kali ini menembus salah satu Jantung
Hutan Tanah Papua dari hulu ke hilir menjelang akhir tahun 2018. Yah ,
Mamberamo salah satu tempat impian saya bertualang akhirnya terwujud di
penghujung tahun. Mamberamo sebuah negeri yang dibelah oleh ratusan sungai
kecil dan besar memadukan keindahan alam. Mahakarya Tuhan yang sungguh luar
biasa. Nama "Mamberamo" konon berasal
dari bahasa Dani, mambe yang berarti
"besar" dan ramo yang berarti
"air". Suku Dani dan beberapa suku terasing lainnya bermukim di
lembah sungai ini yang kaya akan keanekaragaman hayati ini.Ciri yang
paling khas dari mamberamo jika dilihat dari pesawat adalah banyak mempunyai
kelokan (meander) serta danau tapal kuda (oxbow
lake) sebagai hasil perpindahan alur sungai.
( Pemandangan lekukan sungai mamberamo dari ketinggian 500-600 mdpl)
( Pemandangan lekukan sungai mamberamo dari ketinggian 500-600 mdpl)
v MODA TRANSPORTASI
Secara
administrasi Kabupaten Mamberamo Raya secara geografis terletak antara 137° 46
- 140° 19 Bujur Timur (BT) dan 01° 28 - 3° 50 Lintang Selatan (LS). Kabupaten
ini mempunyai luas wilayah sebesar 31.136,85 Km2. Tidak
seburuk kedengarannya kok ketika mendengar punya saudara atau teman yang
bekerja disini karena untuk mencapai kabupaten ini tersedia transportasi baik
dari darat, laut dan udara, hebat kan . berhubung saya berangkat menggunakan
transportasi udara maka saya akan mulai membahas dari jalur udara.
·
JALUR UDARA
Berhubung
keberangkatan dikarenakan urusan pekerjaan maka kali ini saya pergi bersama tim dengan jumlah personil
7 orang . Pekerjaan ini dikejar deadline maka diputuskan untuk menyewa/ carter
pesawat . woww (Ini hal yang sangat lumrah di papua, gaes ). Kami menyewa
pesawat kecil milik YAJASI seri
Pilatus PC 6 Kapasitas 8 orang ( 7 anggota Tim dan 1 Pilot ). Ada banyak
pesawat yang bisa dicarter bisa dari AMA, MAF, Tariku Air, Suzy air dan Alfa
Trans. Sependek pengetahuan saya, pesawat-pesawat ini hanya akan mendarat di 2
kampung besar ( dengan ciri kekotaan) di mamberamo raya, yaitu di Dabra dan
Kasonaweja.
Sistem penyewaan pesawat
ini sedikit menyebalkan dibanding penerbangan domestik pada umumnya, berhubung
pesawat ini akan mejadi kendaraan pribadi selama beberapa jama maka secara
garis besar, kita harus memesan penerbangan terlebih dahulu dan memastikan
tanggal keberangkatan yang dikehendaki beberapa hari sebelumnya, beruntung
apabila tidak masuk dalam daftar tunggu. Boleh saya katakan frekuensi pesawat
ke kabupaten ini cukup tinggi,jadi harus cepat memesan penerbangan pribadi
kita. Well, setelah memesan, sehari sebelum tanggal keberangkatan penumpang
diwajibkan membawa bagasi masing-masing untuk ditimbang, kemudian menimbang
berat badan dan tentunya kami membawa logisitik dan peralatan tim untuk
perjalanan ini. Total timbangan bisa berbeda tiap penerbangan, pada
pernerbangan kami total timbangan kurang lebih 780 Kilogram, well kami
melakukan trip selama hampir 12 hari sehingga timbangan segitu terhitung wajar.Petualangan
pun dimulai dari kota sentani menuju Dabra, Distrik Mamberamo Hulu yang menjadi
start point perjalanan kami. Sedangkan untuk biaya penyewaan pesawat pilatus
tadi dibanderol dengan harga 25 - 30 Juta rupiah, tergantung jumlah penumpang,
berat bagasi dan jauhnya tujuan .
Jika
tidak dikejar deadline, alangkah manisnya memilih penerbangan domestik , yang
hanya dibuka di bandara sentani-jayapura tujuan Kasonaweja dengan maskapai
penerbangan suzy air dan alfa trans. Biaya sekali terbang sekitar 2,5-3,5 Juta
Rupiah , harga tergantung maskapai dan koneksi yang kalian punya dengan pihak
bandara. Jadwal pesawat domestik menuju
kasonaweja seminggu 2x pada hari rabu dan jumat ( data per desember 2018)
·
JALUR LAUT
Tentu
jika kalian tidak terburu-buru, memiliki budget terbatas atau barang bawaan
melebihi kapasitas dan harga pesawat, maka jalur laut bisa menjadi alternatif
berikutnya. Kapal memang merupakan transportasi sejuta umat terutama Indonesia
Bagian Timur. Jalur kapal yang masuk ke Jayapura
( berhubung saya taunya dari sini ) menuju Kasonaweja hanya ada seminggu 1x. Masyarakat lebih senang menyebutnya “ kapal cepat” . Ada 3 KM yang melayani Rute ini yaitu KM.Fajar Indah, KM.Chantika, KM.Lestari Abadi
(Sepertinya KM.Chantika sudah jarang beroperasi). Saya pribadi belum pernah mencoba, hanya melihat dari luar saja. Boleh dikatakan cukup nyaman untuk perjalanan 10-12 Jam ditengah gelombang samudera. Biaya Tiket kapal berdasarkan hasil penelusuran di dunia maya dibanderol sekitar 275 ribu rupiah saja jika dibanding harga tiket pesawat versi lintaspapua per juli 2018 . Selain dari Jayapura ada banyak rute kapal yang masuk ke pelabuhan kasonaweja dan burmeso. Ada dari Serui dan bahkan ada yang berasal dari makassar. Daebakk
( Ini contoh kapal barang yang masuk di dermaga burmeso, bukan kapal penumpang yah )
( berhubung saya taunya dari sini ) menuju Kasonaweja hanya ada seminggu 1x. Masyarakat lebih senang menyebutnya “ kapal cepat” . Ada 3 KM yang melayani Rute ini yaitu KM.Fajar Indah, KM.Chantika, KM.Lestari Abadi
(Sepertinya KM.Chantika sudah jarang beroperasi). Saya pribadi belum pernah mencoba, hanya melihat dari luar saja. Boleh dikatakan cukup nyaman untuk perjalanan 10-12 Jam ditengah gelombang samudera. Biaya Tiket kapal berdasarkan hasil penelusuran di dunia maya dibanderol sekitar 275 ribu rupiah saja jika dibanding harga tiket pesawat versi lintaspapua per juli 2018 . Selain dari Jayapura ada banyak rute kapal yang masuk ke pelabuhan kasonaweja dan burmeso. Ada dari Serui dan bahkan ada yang berasal dari makassar. Daebakk
( Ini contoh kapal barang yang masuk di dermaga burmeso, bukan kapal penumpang yah )
·
JALUR DARAT
Tentu jika anda tidak punya hal
lain untuk dikerjakan dan tidak diburu apapun , jalur darat pun layak dicoba
dan tentunya lebih ekstrim dan hanya bagi yang berjiwa petualang dan adrenalin
tinggi. Untuk cost,sejujurnya lebih mahal sedikit dari kapal namun tidak
semahal pesawat ,kurang lebih 500
ribu rupiah untuk menyewa “travel” ala mamberamo ini kalau banyak orang yang
pergi, tapi kalau hanya 1 orang lebih baik naik pesawat karena harganya 11 12 .
Jalur yang ditempuh dari Jayapura- Sentani- Sarmi – Mamberamo Hulu ( Kampung Pagai
dan Naira ). Tersedia jalur darat yang hanya mampu dilewati oleh mobil Tipe
Strada triton selama 1 malam perjalanan . Tiba di Pagai atau Naira , silakan
melanjutkan anda menggunakan jalur Sungai menuju kampung tujuan . Sejauh
pengamatan saya kemaren memang sudah ada jalur darat yang tembus dekat dabra
sebagai bagian dari jalur Trans Papua namun masih berupa tanah lumpur dan masih
terhambat pembangunannya akibat konflik tanah adat.
Ketiga
jalur ini hanyalah fasilitator untuk sampai ke mamberamo, namun untuk melewati mamberamo yang sebenarnya kita harus
menggunakan jalur lain yaitu “ JALUR SUNGAI” . Jalur ini akan banyak dibahas di
Part berikutnya, mohon bersabar J
v PERALATAN YANG WAJIB DIBAWA
Berbagai persiapan perlu
dilakukan untuk perjalanan panjang selama saya di mamberamo, sayangnya adalah
saya Cuma siap dalam 1 malam saudara-saudara. Betapa kelabakannya saya karena baru
dikonfirmasi keberangkatan menggantikan atasan saya yang batal berangkat dua
hari sebelumnya.
( Prosesi Packing dalam beberapa jam )
( Prosesi Packing dalam beberapa jam )
Dengan pengetahuan dan masukan dari para senior yang tentunya sudah melalang buana di hutan mamberamo ini maka saya membawa semua kebutuhan yang diperlukan sampai yang tidak terpakai akhirnya . Well, untuk wanita tentunya lebih repot terutama untuk menggeluti pekerjaan di lapangan seperti ini. Kebutuhan dasar seperti logistik sudah ditanggung oleh panitia kegiatan, saya lebih fokus untuk sharing bawaan pribadi antara lain :
·
membawa 2 buah tas ,1 carrier 45 Liter dan 1 Dry Bag 20 Liter
·
kantong zipper mirip sarung bantal namun diisi dengan baju
sekalian pengganti bantal tidur. ( tidak sengaja dapat dari toko online ).
Kalau tidak punya bisa diakali dengan kantong bening kedap udara yang banyak
dijual di toko. Pakaian bisa tetap kering dan tidak terlalu bau. cuaca mamberamo sangat panas jadi sebaiknya jangan membawa baju yang tebal atau berwarna gelap.
·
Wajib
bawa kelambu. Ratusan nyamuk mamberamo siap menyambut darah segar kalian
kapanpun dimanapun , apalagi di malam hari dan saat masuk hutan.
·
Obat-obatan
pribadi dan vitamin. Saya pribadi meminum 2 tablet
anti malaria dari Jayapura demi mencegah DBD . Kemudian krim anti nyamuk lebih
baik dibawa kemanapun kalian pergi.
·
Sepatu
bot wajib hukumnya kalau untuk pekerjaan lapangan + Jas Hujan jika bekerja di
musim penghujan .
·
Topi
dan scraft/buff pelindung kepala dan leher karena matahari mamberamo tidak
memberikan ampun pada kulit anda dan Jaket + Kaos Kaki.
·
Body
Lotion/cream dengan SPF Tinggi wajib dipakai jika tidak mau terkena kanker
kulit. Suhu siang di mamberamo bersiar 32-35 derajat celcius bos.
·
Pisau
lipat wajib bawa.
· Senter atau Headlamp
· Sleeping bag ( kantong tidur )
· Sandal Gunung
· Senter atau Headlamp
· Sleeping bag ( kantong tidur )
· Sandal Gunung
·
Selebihnya
barang tim untuk penelitian kami di hutan.
Terimakasih sudah membaca, sampai bertemu di part. II yang lebih seru yaitu perjalanan menyusur sungai dari hulu ke hilir mamberamo.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar